CASIS DAN PEMINDAH TENAGA
SISTEM KEMUDI
Gigi Kemudi Jenis Rak Dan Pinion
|
Cara kerja :
Pinion diputar ( dengan memutar roda kemudi ) rak bergerak ( ke kiri dan ke kanan )
1. Komponen – Komponen Kemudi Model Rak Dan Pinion
|
1. Rumah gigi kemudi 10. Bantalan
2. Rak 11. Pinion
3. Rak 12. Bantalan
4. Baut pengunci 13. Ring perantara
5. Sil 14. Ring pengunci
6. Pegas penekan 15. Sil
7. Penekan 16. Baut pengunci
8. Sil 17. Ring penekan
9. Baut penyetel 18. Karet penutup
2. Macam – Macam Konstruksi Kemudi Rak Dan Pinion
· Pinion tengah tie rod pinggir :
|
Keuntungan :
· Jika terjadi tabrakan , keamanan lebih baik karena tidak terhubung langsung dengan batang kemudi
· Produksi lebih efisien untuk dibuat kemudi kiri atau kanan
Kerugian :
· Kontak gigi kecil
· Pemegasan tidak baik, karena tie rod pendek
· Pemakaian tempat besar
Penggunaan :
· Corola, corona, Mazda, Kijang, Honda, dll
4. Pinion Pinggir Tie – Rod Tengah :
|
Keuntungan :
· Kontak gigi besar
· Pemegasan baik, tie rod yang panjang pada waktu pemegasan terjadi perubahan geometri roda kecil
· Pemasangan tie rod bebas / tidak terikat dengan tinggi lengan suspensi
Kerugian :
· Konstruksi rumah lebih kuat, karena rumah menahan gaya radialdan tie rod
· Pemakaian tempat besar
Penggunaan :
· Alfa sud
3. Pinion pinggir tie -rod pinggir
|
Keuntungan:
· Kontak gigi besar( pinion miring terhadap rak )
· Harga murah
· Memerlukan sedikit tempat
Kerugian :
· Pemegasan jelek, karena tie rod pendek
Persyaratan :
· Tinggi dan panjang tie-rod terhadap lengan suspensi harus sama
Penggunaan :
· Volvo
· Toyota starlet
· Ford laser
5. Perbandingan Bervariasi Pada Gigi Kemudi Model Rak Dan Pinion
Situasi :
· Pada jalan raya, diperlukan pengemudian langsung
( Pengemudi merasakan gaya pengemudian pada roda kemudi )
· Pada saatparkir, diperlukan gaya pengemudian yang ringan
Konstruksi :
· Jarak puncak gigi pada rak dibuat tidak sama
· Pada setiap putaran pinion, terjadi perubahan gerak rak dengan jarak yang berubah-ubah
|
Saat pinion ditengah rak “ a “
· Diameter kontak pinion besar
· Jarak gerak rak panjang
· Gaya kemudi berat, sudut belok roda besar
Sudut pinion dipinggir rak “ b “
· Diameter kontak pinion kecil
· Jarak gerak rak pendek
· Gaya kemudi ringan,tetapi sudut belok roda kecil