gigi kemudi jenis rak dan pinion


CASIS DAN PEMINDAH TENAGA
SISTEM KEMUDI

Gigi Kemudi Jenis Rak Dan Pinion


Penyetel
 
Rak
 
Pinion
 
Sambungan bola
 
Tie – Rod
 
Karet penutup
 
Sambungan bola
 


Cara kerja :
Pinion diputar ( dengan memutar roda kemudi )         rak bergerak ( ke kiri dan ke kanan )


1.      Komponen – Komponen Kemudi Model Rak Dan Pinion





1.         Rumah gigi kemudi                                       10.   Bantalan
2.         Rak                                                                   11.   Pinion
3.         Rak                                                                   12.   Bantalan
4.         Baut pengunci                                                            13.   Ring perantara
5.         Sil                                                                      14.   Ring pengunci
6.         Pegas penekan                                              15.   Sil
7.         Penekan                                                          16.   Baut pengunci
8.         Sil                                                                      17.   Ring penekan
9.         Baut penyetel                                                  18.   Karet penutup



2.       Macam – Macam Konstruksi Kemudi Rak Dan Pinion

·                Pinion tengah tie rod pinggir :


Keuntungan :
·                Jika terjadi tabrakan , keamanan lebih baik karena tidak terhubung langsung      dengan batang kemudi
·                Produksi lebih efisien untuk dibuat kemudi kiri atau kanan

Kerugian :
·                Kontak gigi kecil
·                Pemegasan tidak baik, karena tie rod pendek
·                Pemakaian tempat besar

Penggunaan :
·                Corola, corona, Mazda, Kijang, Honda, dll


4.      Pinion Pinggir Tie – Rod Tengah :




Keuntungan :
·                Kontak gigi besar
·                Pemegasan baik, tie rod yang panjang pada waktu pemegasan terjadi perubahan geometri roda kecil
·                Pemasangan tie rod bebas / tidak terikat dengan tinggi lengan suspensi

Kerugian :
·                Konstruksi rumah lebih kuat, karena rumah menahan gaya radialdan tie rod
·                Pemakaian tempat besar

Penggunaan :
·                Alfa sud

3.    Pinion pinggir tie -rod pinggir






Keuntungan:
·                Kontak gigi besar( pinion miring terhadap rak )
·                Harga murah
·                Memerlukan sedikit tempat

Kerugian :
·                Pemegasan jelek, karena  tie rod pendek

Persyaratan :
·                Tinggi dan panjang tie-rod terhadap lengan suspensi harus sama

Penggunaan :
·                Volvo
·                Toyota starlet
·                Ford laser

5.     Perbandingan Bervariasi Pada Gigi Kemudi Model Rak Dan Pinion

Situasi :
·                Pada jalan raya, diperlukan pengemudian  langsung
( Pengemudi merasakan gaya pengemudian pada roda kemudi )
·                Pada saatparkir, diperlukan gaya pengemudian yang ringan

Konstruksi :
·                Jarak puncak gigi pada rak dibuat tidak sama
·                Pada setiap putaran pinion, terjadi perubahan gerak rak dengan jarak yang berubah-ubah



Saat pinion ditengah rak “ a “ 
·                Diameter kontak pinion besar
·                Jarak gerak rak panjang
·                Gaya kemudi berat, sudut belok roda besar

Sudut pinion dipinggir rak “ b “
·                Diameter kontak pinion kecil
·                Jarak gerak rak pendek
·                Gaya kemudi ringan,tetapi sudut belok roda kecil