sistem kemudi all


CASIS DAN PEMINDAH TENAGA
SISTEM KEMUDI

Gigi Kemudi Jenis Cacing Dan Rol








Roda gigi cacing
 
 


Lengan pitman
 
Rol
 
Batang kemudi
 

Cara kerja :
Gerak putar roda kemudi dirubah menjadi gerak ayun pada lengan pitman dan, melalui roda gigi cacing rol


1.      Konstruksi Dan Nama – Nama Bagian Roda Gigi Cacing Dan Rol






1
 


3
 
 

8
 
7
 
4
 
10
 
2
 
6
 
5
 
9
 


Keterangan :
1.         Bantalan baut                                                 6. Gigi cacing
2.         Bantalan                                                          7. Rol
3.         Bantalan                                                          8. Bantalan
4.         Tutup                                                                9. Bantalan
5.         Tuas rol                                                                        10.Sil

2.     Kontak Gigi Cacing Dan Rol

  Rol pada posisi tengah :


·         Celah kontak kecil

Rol pada posisi pinggir :

·         Celah kontak besar







Saat penyetelan : Rol harus pada posisi tengah


3.     Kemiringan Roda Gigi Rol Terhadap Gigi Cacing

Roda gigi rol dibuat miring terhadap poros roda gigi cacing untuk mendapatkan kontak gigi yang besar
Keuntungan :
·                Ringan ( bobot massanya )
·                Sederhana

Kerugian :
·                Berat ( dalam bekerja )
·                Produksi gigi cacing mahal
·                Sudut belok relatif kecil

Penggunaan :
·                Digunakan pada mobil-mobil ukuran sedang ( Truk ringan, sedan )



 














CASIS DAN PEMINDAH TENAGA
SISTEM KEMUDI
 

Gigi Kemudi Jenis Bola Sirkulasi










Sektor
 

Mur kemudi
 

 

Mur kemudi
 
Batang kemudi
 
Bola
 
Bantalan bola
 
Baut kemudi
 

Cara kerja :
Perubahan gesek -- Gerak putar baut kemudi ( Roda kemudi ) gerak lurus
( memanjang ) mur kemudi – gerak ayunan lengan pitman ( melalui sektor )

1.     Fungsi Bola

·                Pasangan mur baut
·            Mur tidak dapat bergerak dengan
·            sendirinya
·            Supaya dapat bergerak turun perlu
·            Tenaga untuk melawan gesekan








·                Pasangan mur baut dengan perantara peluru
·      Dengan adanya bola gesekan menjadi kecil
·      Mur dapat bergerak turun sendiri
·      Fungsi bola untuk memperkecil gesekan






2.     Konstruksi Dan Nama - Nama Bagian

Keterangan  :
1.     Mur kemudi
2.     Bola
3.     Baut penyetel
4.     Baut penyetel pre – load
5.     Baut kemudi
6.     Poros gigi sektor



Sirkulasi bola  :
·           Sirkulasi bola ada dua sirkit
·           Setiap sirkit bola melalui bagian luar mur, untuk mempermudah memasukkan bola

Keuntungan :
·                Ringan ( Dalam bekerja )
·                Dapat digunakan untuk mobil berat

Kerugian :
·                Harga mahal

Perbandingan Gigi

·                Perbandingan gigi tetap



Text Box: C1  =  C2  =  C3
D1  =  D2  =  D3



Perbandingan Bervariasi  (  Tidak Tetap  )




Karena  :
            i1     =     -----                                                  D1     <     D2     <     D3
            i2     =     -----                                                              C1    >      C2      >    C3
            i3     =     -----

Maka   :     i1     >     i2     >     i3



                                    Pada saat di tengah     :   i Kecil   ( i3 )
                                    Pada saat di pinggir     :   i Besar ( i2 )

Keuntungan     :
Misal pada saat parkir tenaga pengemudian ringan dan sudut belok kecil

CASIS DAN PEMINDAH TENAGA
SISTEM KEMUDI
 

Sambungan Kemudi
Sambungan kemudi pada gigi kemudi jenis bola sirkulasi atau pada gigi kemudi model cacing dan rol


Nama-nama bagian
1.    Lengan pitman                                                   5. Lengan penghubung
2.    Lengan knockle                                                 6. Gigi kemudi
3.    Tie rod                                                                  7. Sambungan bola
4.    Lengan idler                                                       8. Mur dan pengunci sambungan bola

Keuntungan  :
·           Getaran dapat diredam dan mampu mengimbangi kerja suspensi
·           Lebih ringan

Kerugian  :
·           Rumit
·           Mahal
Bentuk Sambungan Kemudi Pada Gigi Kemudi Jenis Rak Dan Pinion
Keterangan gambar  :
1.    Gigi kemudi
2.    Tie rod
3.    Sambungan peluru
4.    Klem pengikat gigi kemudi ( Pada body )
5.    Karet penutup

Keuntungan  :
·                Harga lebih murah
·                Konstruksi sederhana

Kerugian  :
·                Lebih berat dalam proses kerja – Reduksi kecil
·                Getaran langsung diterima oleh pengemudi


Macam – Macam Lengan Sambungan Kemudi

Kemudi King  -  Pin
·         Lengan kemudi menggerakkan aksel, berputar pada titik pusat

·         Sudut belok roda kiri  =  sudut belok roda kanan



Digunakan  :  Truk gandeng

Sambungan Kemudi Lengan Paralel

Lengan kemudi paralel
Saat belok  :

Sudut belok kiri  =  sudutbelok kanan






Dengan sudut belok yang sama tidak didapatkan titik pusat lingkaran belok yang
 sama akibatnya terjadi gesekan antara ban dengan jalan

Sambungan Kemudi Lengan Trapesium

Lengan kemudi trapesium ( Prinsip Acherman Janteau )

Saat belok  :

Sudut belok roda kiri  ¹  sudut belok roda kanan





Dengan prinsip Achermann Janteau didapatkan titik pusat lingkaran belok semua roda yang sepusat sehingga kendaraan dapat membelok dengan back tanpa menimbulkan gesekan antara ban dengan permukaan jalan




Jalan lurus
Belok kekanan 300
Sudut belok kanan > sudut belok kiri

Belok kekiri 200
          Sudut belok kiri > sudut belok kanan

 
CASIS DAN PEMINDAH TENAGA
SISTEM KEMUDI
Pengaman Pada Sistem Kemudi
Sistem kemudi jenis biasa

Sistem kemudi ini tidak mempunyai elemen pengaman sehingga bila terjadi kecelakaan, tidak aman bagi penumpang




Perhatikan perubahan batang kemudi yang membentur badan pengemudi, walaupun pada kursi ada kelenturan ( pengaman ).

Pada mobil – mobil tertentu dilengkapi sistem pengaman kemudi, biasanya pada batang kemudi



 










·                Bentuk tidak aman
 
Roda kemudi
·                Bentuk aman             











Tes Pengaman Sistem Kemudi

Pengemudi buatan dijalankan dengan kecepatan » 60 km/jam dihantamkan pada sistem kemudi yang terpasang seperti pada mobil
Diamati kekuatan sistem pengaman kemudi dan pengubahannya


Keadaan belum rusak

Keadaan sstelah terjadi kecelakaan :
1.    Pen terlepas
2.    Roda kemudi bengkok
3.    Kotak seng teremas



Macam – Macam Pengaman Batang Kemudi

Jenis baut lepas dan kotak seng

·      Gaya yang timbul akibat tabrakan melepas baut pada sambungan kemudi

·      Gaya akibat tabrakan juga diredam oleh kotak seng


1.    Baut lepas
2.    Karet peredam
3.    Kotak seng

Jenis perbedaan garis gaya

·      Gaya  ( F ) yang ditimbulkan akibat tabrakan tidak diteruskan melalui poros batang kemudi
·      Sambungan batang kemudi patah akibat adanya perbedaan garis gaya ( gaya terurai )



Batang Luncur Jenis Bola











6
 
5
 
4
 
1
 
2
 
3
 

 Keadaan normal
1.    Poros utama bawah
2.    Tabung batang atas
3.    Batang utama atas
4.    Tabung batang kemudi bawah
5.    Pen plastik
6.    Bola – bola baja

 Setelah terjadi tabrakan
·      Gaya akibat tabrakan memutuskan pen plastik
·      Poros utama terdorong maju
·      Tabung atas dan tabung bawah dihubungkan oleh bola baja
·      Tahanan luncur bola-bola baja menyerap gaya akibat tabrakan



Batang Luncur Jenis Jala


 





Keterangan  :
1.  Jala dalam keadaan normal
2.  Jala tertekan sebagian
3.  Jala tertekan penuh
4.  Jarak penekan
Pipa mantel bawah
 
Pipa mantel atas
 
Poros pengaman
 
Cara kerja

·                Gaya akibat tabrakan memutuskan pen antara pipa teleskop dan pipa mantel,
·                akibatnya pipa teleskop meluncur di dalam pipa mantel
·                 Pipa teleskop menyangkut pada rumah jala, akhirnya gaya tabrakan diredam oleh 
·                jala – jala pengaman

Pengunci Roda Kemudi

Pengunci roda kemudi pada dasarnya adalah mengunci poros pada roda kemudi
Bagaimana konstruksi dasar sistem pengunci poros kemudi ?
Posisi terkunci ( kunci terlepas )


 








Cara kerja :
Saat kunci dilepas, pengkait sebelah kiri terdorong oleh pegas dan pengkait sebelah kanan masuk pada lubang poros batang kemudi, batang kemudi terkunci
·                Posisi terlepas ( kunci masuk )


 






 

Cara kerja :
·      Pada saat kunci dimasukkan, pangkal kunci mendorong pengkait sebelah kiri dan pengkait sebelah kanan lepas dari lubang poros batang kemudi
·      Batang kemudi bebas