letak penyetelan geometri roda


CASIS
GEOMETRI RODA
Letak Penyetelan Geometri Roda

1.         Suspensi Wishbone
Penyetelan camber dan caster
Lengan atas ( upper Arm )
 
Letak penyetelan
 
Letak penyetelan
 
Contoh :
Toyota Kijang, Colt L-300, Toyota Hiace
Penyetelan camber dengan menggunakan shim. Caranya dengan menambah atau mengurangi shim depan dan belakang yang tebalnya sama

Penyetelan caster :
Dengan menambah atau mengurangi shim depan dan belakang yang tebalnya berbeda
A+ = Camber bertambah, caster tetap
A-   = Camber berkurang, caster tetap
B+ = Caster bertambah,camber bertambah
    B- = Caster berkurang, camber berkurang
C+ = Caster berkurang, camber bertambah
C-  = Caster bertambah, camber berkurang






2.         Suspensi Mac Pherson

a.         Penyetelan caster pada lengan penahan
Lengan penahan ( Strut Bar )
Lengan memanjang
 
A¸
 
A-
 
Louver arm ( Lengan bawah )
 

Contoh :
Honda Civic, Suzuki Carry, Daihatsu Zebra

Penyetelan camber tidak ada, hanya ada penyetelan caster

Caranya :
·                Dengan memendekkan atau menjangkan lengan penahan
A+ = Caster bertambah
A- = Caster berkurang


b.        Penyetelan camber pada pengikat nakel kemudi





Contoh :

Toyota Corolla GL, Corons dan Carina II

Penyetelan camber dilakukan dengan jalan memutar baut eksentrik pada pengikat nakel kemudi




c.         Penyetelan caster pada pengikat sok breker bagian atas
FORD Lazer
 
Camber
 
Starlet, Corolla GL
 
Caster
 
Mazda
 
Camber dan Caster
 
Contoh : Mazda

Penyetelan caster dapat dilakukan dengan jalan memutar atau memindah posisi baut pengikat sok breker pada dudukannya
3.         Sistem Kemudi

Pada sistem kemudi letak penyetelan geometri roda pada tie – rod ( Penyetelan Toe – in/Toe out )
Cara penyetelan :
·                Memutar tie rod kiri dan kanan kalau penyetelannya dua
a).    Sambungan kemudi pada suspensi independen

b). Sambungan kemudi pada aksel rigrid
0,05
 
0,03
 
Total Toe
0,10

 
0,07