CASIS
GEOMETRI RODA
Sudut King – Pin Dan Offset
1. Difinisi
| Keterangan : o = Garis vertikal b = Sudut king-pin a = Sudut camber b = Sumbu king-pin a = Sumbu roda d =. Sudut camber ditambah Sudut king-pin (Included engle) |
Sudut king-pin adalah : Kemiringan sumbu king – pin terhadap garis vertikal jika dilihat dari depan kendaraan
2. Fungsi Sudut King – Pin
|
TL = Tinggi saat posisi lurus KL = Panjang pegas saat lurus
Tb = Tinggi saat belok KB = Panjang pegas saat belok
Perhatikan pada gambar pada saat belok kanan king – pin terangkat ke atas dan saat belok kiri juga naik
Goresan ke atas king – pin diteruskan ke pegas dan body kendaraan ( melepas gaya berat kendaraan FW )
Perubahan tinggi king – pin menyebabkan gaya balik kemudi ke posisi lurus
Sudut king – ping berfungsi untuk mengembalikan sikap roda ke posisi lurus setelah membelok |
3. Difinisi Offset :
Jarak antara titik temu, garis tengah roda terhadap permukaan jalan dengan titik temu perpanjangan garis sumbu king – pin terhadap permukaan jalan disebut “ Off Set “
| Offset positif Off set nol Off set negative |
4. Pengaruh jarak offset
4.1. Offset positif
|
Jarak offset diperlukan saat roda dibelokkan tidak terjadi ban menggosok pada permukaan jalan, karena roda akan bergerak mengelilingi sumbu king – pin.
Pada kendaran hanya diperlukan sedikit offset, jika offset besar pengemudian terasa berat dan getaran cukup kuat
4.2. Offset nol
| Jika offset nol, pada saat roda dibelokkan terjadi ban menggosok pada permukaan jalan, karena sumbu putar kemudi ( king – pin ) tepat pada garis simetris ban |
4.3. Offset Positif Saat Di Rem
| Offset “ + “ ( positif ) |
Pada kondisi jalan yang jelek / koefisien gesek roda kiri dan kanan tidak sama, kendaraan akan cenderung membelok saat di rem
| Daya rem Roda depan | Reaksi pengereman | Reaksi roda depan | Reaksi kendaraan |
Jalan Kering Offset Positif Jalan Basah | µ Besar µ Kecil | | | |
4.4. Offset Negatif Saat Di Rem
| Offset “ – “ ( negatif ) |
· Sifat pengereman dapat dikurangi biasanya bila koefisien gesek tidak sama atau lewat pada jalan yang jelek
| Daya rem roda depan | Reaksi pengereman | Reaksi roda depan | Reaksi kendaraan |
Jalan Kering Offset Negatif Jalan Basah | µ Besar µ Kecil | | | |
Kendaraan tetap berjalan lurus saat di rem
5. Kesimpulan
4.5. Besarnya sudut king – pin dan camber menentukan besarnya offset ( lihat halaman 1 )
4.6. Jika jarak offset terlalu besar, lengan – lengan kemudi bekerja terlalu berat, efek pengemudian terasa berat efek pengereman menjadi jelek
4.7. Sudut king – pin pada umumnya : 30 ¸ 80
6. Tes pengulangan
6.1. Jelaskan apa yang dimaksud sudut king – pin !
6.2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan jarak offset !
6.3. Jelaskan fungsi sudut king – pin !
6.4. Jelaskan perbedaan kendaraan offset positif dengan offset negatif !
Jika di rem pada saat melintasi kondisi jalan yang jelek
6.5. Gambarkan offset “ ¸ “, “ 0 “, “ – “ !