sudut kingpin


CASIS
GEOMETRI RODA
Sudut King – Pin Dan Offset
  1.        Difinisi





Keterangan :
o        = Garis vertikal
b    = Sudut king-pin
a       = Sudut camber
b     = Sumbu king-pin
a     = Sumbu roda
d        =. Sudut camber ditambah
          Sudut king-pin
          (Included engle)







Sudut king-pin adalah : Kemiringan sumbu king – pin terhadap garis vertikal jika dilihat dari depan kendaraan


  2.        Fungsi Sudut King – Pin
Posisi belok kanan
 
Posisi lurus
 
Posisi belok kiri
 
Text Box: KB
TL = Tinggi saat posisi lurus                     KL    = Panjang pegas saat lurus
Tb = Tinggi saat belok                                KB    = Panjang pegas saat belok

Perhatikan pada gambar pada saat belok kanan king – pin terangkat ke atas dan saat belok kiri juga naik
Goresan ke atas king – pin diteruskan ke pegas dan body kendaraan ( melepas gaya berat kendaraan  FW )
Perubahan tinggi king – pin menyebabkan gaya balik kemudi ke posisi lurus

Sudut king – ping berfungsi untuk mengembalikan sikap roda ke posisi lurus setelah membelok

  3.        Difinisi Offset :
Jarak antara titik temu, garis tengah roda terhadap permukaan jalan dengan titik temu perpanjangan garis sumbu king – pin terhadap permukaan jalan disebut “ Off Set 
Off set ( - )
 
Off set ( 0 )
 
Off set ( + )
 
Offset positif








Off set nol








Off set negative


  4.        Pengaruh jarak offset
4.1.        Offset positif
Jarak offset diperlukan saat roda dibelokkan tidak terjadi ban menggosok pada permukaan jalan, karena roda akan bergerak mengelilingi sumbu king – pin.
Pada kendaran hanya diperlukan sedikit offset, jika offset besar pengemudian terasa berat dan getaran cukup kuat
4.2.        Offset nol
Jika offset nol, pada saat roda dibelokkan terjadi ban menggosok pada permukaan jalan, karena sumbu putar kemudi ( king – pin ) tepat pada garis simetris ban



4.3.        Offset Positif Saat Di Rem



Offset “ + “ ( positif )

Pada kondisi jalan yang jelek / koefisien gesek roda kiri dan kanan tidak sama, kendaraan akan cenderung membelok saat di rem

Daya rem Roda depan
Reaksi pengereman
Reaksi roda depan
Reaksi kendaraan
Jalan
Kering


Offset
Positif


Jalan
Basah
µ Besar







µ Kecil





4.4.        Offset Negatif Saat Di Rem




Offset “ – “ ( negatif )

·        Sifat pengereman dapat dikurangi biasanya bila koefisien gesek tidak sama atau lewat pada jalan yang jelek

Daya rem roda depan
Reaksi pengereman
Reaksi roda depan
Reaksi kendaraan

Jalan
Kering


Offset
Negatif


Jalan
Basah

µ Besar







µ Kecil





Kendaraan tetap berjalan lurus saat  di rem
  5.        Kesimpulan
4.5.        Besarnya sudut king – pin dan camber menentukan besarnya offset ( lihat   halaman 1 )
4.6.        Jika jarak offset terlalu besar, lengan – lengan kemudi bekerja terlalu berat, efek pengemudian terasa berat efek pengereman menjadi jelek
4.7.        Sudut king – pin pada umumnya : 30 ¸ 80

  6.        Tes pengulangan
6.1. Jelaskan apa yang dimaksud sudut king – pin !
6.2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan jarak offset !
6.3. Jelaskan fungsi sudut king – pin !
6.4. Jelaskan perbedaan kendaraan offset positif dengan offset negatif !
       Jika di rem pada saat melintasi kondisi jalan yang jelek
6.5. Gambarkan offset “ ¸ “, “ 0 “, “ – “ !